Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Palembang Yang Lebih Baik

02.26.00

Pelayanan publik dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk pelayanan kepada masyarakat umum dengan bentuk interaksi atau hubungan antara penyedia layanan dan penerima layanan, baik dalam bentuk barang maupun jasa yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintahan di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah. Pelayanan publik diwujudkan dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

sumber gambar >> konsultanseojakarta.com
Undang-undang Dasar 1945 telah mengamanatkan bahwa negara wajib melayani setiap warga negara Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka pelayanan umum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk terwujudnya pelayanan publik dalam hal ini menyangkut operasionalisasi dan aktualisasi diperlukan pemerintah sebagai wadah untuk memberikan pelayanan tersebut. Tujuan utama dibentuknya pemerintah adalah untuk menjaga suatu sistem ketertiban didalam masyarakat supaya tercipta kehidupan yang tertib. Pemerintah tidaklah diadakan untuk melayani diri sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai kemajuan bersama.

potret pelayan publik di Indonesia >> sumber foto:wwwbutonutara.blogspot.com
Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat sebenarnya merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai “pelayan masyarakat”. Oleh karenanya dari pelayanan publik inilah sangat menentukan sejauh mana pemerintah mampu memberikan kepuasan sebaik-baiknya bagi masyarakat.

Untuk mencapai pelayanan publik yang baik harus berdasarkan pada tiga prinsip, yaitu transparasi, akuntabilitasi, dan partisipatif. Transparansi yaitu bersifat terbuka sehingga bisa diakses oleh semua orang yang membutuhkan. Akuntabilitasi yaitu dimana setiap proses dan hasil pelayanan publik harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik, sedangkan Partisipatif berarti suatu pelayanan publik hanya akan maksimal apabila ada partisipasi publik.

Di era otonomi daerah sekarang, tuntutan akan kinerja pelayanan publik yang baik sangat diperlukan. Dapat dikatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah sangat ditentukan oleh kinerja pelayanan publik, karena masyarakat akan menilai baik buruknya otonomi daerah berdasarkan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah itu sendiri, apakah sudah baik ataupun buruk.

ilustrasi dari segelintir aparatur yang tidak tepat waktu  menjalankan
 tugasnya >> sumber gambar: ichsandyant.blogspot.com
Untuk daerah Sumatera Selatan sendiri khususnya di kota Palembang, memang untuk pelaksanaan pelayanan publik dinilai masih lemah, lemahnya pelayanan publik ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:
  1. Tidak/kurang adanya kesadaran terhadap tugas/kewajiban yang menjadi tanggungjawab aparatur itu sendiri. Akibatnya mereka bekerja dan melayani publik dengan seenaknya saja.
  2. Sistem, prosedur dan metode kerja yang tidak ada, tidak memadai sehingga mekanisme kerja tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.
  3. Pengorganisasian tugas pelayanan publik yang tidak tertata rapi, sehingga terjadi kesimpang siuran penangan tugas, tumpang tindih atau tercecer sehingga tugas yang seharusnya dijalankan aparatur menjadi terlupakan atau bahkan tidak ada yang menangani.
  4. Pendapatan pegawai dalam hal ini aparatur yang terkait dalam pelayanan publik yang tidak mencukupi pemenuhan kebutuhan hidup meskipun secara minimal. Akibatnya pegawai tidak tenang dalam bekerja, sehingga berusaha mencari tambahan dalam jam kerja dengan cara antara lain “menjual” jasa pelayanan yang ilegal.
  5. Kemampuan pegawai yang tidak memadai untuk tugas yang dibebankan kepadanya, akibatnya hasil pekerjaan tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan.
  6. Tidak tersedianya sarana pelayanan yang memadai, akibatnya pekerja menjadi lamban, waktu banyak hilang dan penyelesaian masalah terlambat.
Agar pelayanan publik ini berjalan dengan baik, maka diperlukan perbaikan pada beberapa faktor pendukung, yaitu:
  1. Faktor kesadaran
  2. Faktor aturan
  3. Faktor organisasi
  4. Faktor pendapatan
  5. Faktor kemampuan-keterampilan
  6. Faktor sarana pelayanan
Dan hal yang paling terpenting dari semua itu adalah transparansi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. karena pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik harus bersifat terbuka, mudah, dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan serta disediakan secara memadai dan mudah dimengerti oleh semua penerima kebutuhan pelayanan publik. sehingga dalam proses pemberian pelayanan publik ini dapat dihindari terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh oknum aparatur.

Penyampaian informasi pelayanan pun harus dipublikasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat melalui media. Dalam hal ini yang berperan adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (khususnya di kota Palembang) sebagai sarana untuk memfasilitasi penyampai informasi pelayanan publik, baik itu secara langsung, lewat media cetak, media elektronik, dan media internet.

Semoga pelayanan publik di kota Palembang menjadi lebih baik lagi, dan selalu ada peningkatan kualitas pelayanan publik dari tahun ke tahun. Dan peran masyarakat sebagai fungsi pengontrol pengawasan ini tetap mengawasi jalannya pelayanan publik, sehingga dapat dihindarkan terjadinya penyelewengan.

refrensi : www.wikipedia.com

You Might Also Like

9 komentar

  1. Desain blog yang rapi dan ide yang tulisan yang menarik.
    Regards'
    tio.ireng

    Mampir ke blog saya :
    http://ireng.stikescharitas.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=73:layanan-jalan-dan-kemajuan-kota&catid=37:my-daily-posted&Itemid=53

    BalasHapus
  2. keren,..moga aja Palembang jadi yang terdepan

    BalasHapus
  3. Selamat Ulang Tahun ke-1329 Kota Palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata palebang umurnya udah lama kali heheehehe

      Hapus
  4. pelayana publik harus mesti ditingkatkan demi kota yang lebih baik sobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya gitu :D semoga senyatanya juga gitu

      Hapus
  5. salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
    maaf,saya masih Newbie
    yozidahfilputra.blogspot.com

    BalasHapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe