Manusia pertama berdasarkan Teori Evolusi Darwin atau Nabi Adam, menurut loe?

07.10.00

Sejak dahulu kala manusia selalu mempertanyakan asal usul kehidupan. Bagaimana manusia itu ada dan bagaimana proses terjadinya? Apakah manusia itu ada langsung jleb.. muncul sendiri secara tiba-tiba, atau diciptakan oleh sang pencipta, atau bahkan munculnya manusia itu melalui suatu proses evolusi yang sangat lama, atau jangan-jangan bertransformasi alias berubah gitu. Kayak manusia sekarang bisa bertransformasi, ada yang berubah jadi spiderman, power ranger, ultramen, atau kamen rider (satria baja hitam si manusia belalang) dll. hmm... jangan-jangan sebaliknya ada juga mungkin hewan yang bertransformasi menjadi manusia..

Tetapi.. Kalo ditanya "siapa manusia pertama dimuka bumi ini?"..

Jawaban saya adalah nabi Adam. Kenapa nabi Adam? Karena dari SD, SMP, sampe ke SMA, semua guru agama yang ngajar pelajaran agama islam pasti bilang bahwa manusia pertama adalah nabi Adam.

Waktu pertama kali diajarkan mata pelajaran agama islam di SD, guru saya menjelaskan bahwa nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah berasal dari tanah. Sebagai anak kecil yang polos dan tak berdosa akan ketidak tahuannya (pada zaman itu), saya awalnya gak percaya manusia itu tercipta dari tanah, mana mungkin bisa (terlintas diotakku pada saat itu). Namun sebagai orang yang beragama islam saya harus percaya dan tidak boleh meragukan kebenaran dari Al-Quran, yakni kitab suci bagi umat islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.

Nah..  pas zaman SD kan saya tuh masih belum mengerti kenapa manusia diciptakan berasal dari tanah. Setelah saya di SMA, akhirnya saya benar-benar paham kenapa manusia itu diciptakan dari tanah.

Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Mu’minun ayat 12-15



12. Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.
13. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
14. Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.
15. Kemudian, sesudah itu, Sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati.

Nah dari situ udah jelaskan asal mula manusia ditinjau dari sisi islam.

"Bagaimana dengan orang yang berpendapat berbeda akan asal manusia?"

Pasti kalian tau dong dengan sebuah teori yang pernah menggemparkan alam semesta (gempa kale), yaitu sebuah Teori Evolusi yang menjelaskan bahwa asal usul manusia itu berasal dari kera. Yaap... teori ini dikemukakan oleh Charles Darwin. Darwin berpendapat bahwa manusia berasal dari kera yang mengalami proses evolusi yang sangat panjang sehingga menjadi bentuk yang sempurna.

Kalo saya sih tidak setuju dengan teori ini, masa manusia berasal dari kera. Emang apa buktinya? Cuman data fosil-fosil doang (ceilaaaaah). Kan yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain itu adalah akal. Kalo manusia disuruh milih mau uang 1 juta atau pisang sebuah, yang pasti milih 1 juta dong buat beli banyak pisang hahaha.. gak juga kale ya.. nah kalo kera pasti tuh pilih pisang sebuah, kenapa? Ya karena makanan favoritnya pisang.. tapi terkadang ada juga manusia yang sifatnya mungkin mirip dengan kera.. contohnya Tarzan :D

sumber foto : Clarespark.com
Tapi kalo seandainya nih yaa.. si Darwin itu berfikir kenapa dia berpendapat manusia itu berasal dari evolusi kera.. hmmm.. mungkin dipikirnya kera itu mirip ama mukanya kali yaa.. sambil ngaca depan cermin sambil ngebadingin dengan foto kera.. mungkin saja itu menjadi dasar risetnya..

Mungkin juga si Darwin-nya mikir bahwa para kera itu memasang behel untuk memundurkan giginya yang over maju, dan juga para kera itu mengoleskan krim perontok bulu di bagian wajah hingga ujung kaki, biar perawakan kera itu menyerupai manusia hehehe.. (aneh kali ye).

Kesimpulannya.. jika disuruh milih manusia pertama berdasarkan teori evolusi Darwin atau nabi Adam? Menurut gue (cieleeeh gaul men)... manusia pertama nabi Adam pastinya.. kenapa..?  kalo percaya dengan teori evolusi Darwin, berarti tidak percaya dengan Tuhan yaitu Allah SWT yang jelas-jelas dalam Al-Quran mengatakan bahwa manusia pertama adalah nabi Adam. nah.. kalo menurut loe?

Tapi kalo ada yang ngejek kita (haaa?.. kita? lo aja kael gue enggak).. bilang kayak gini.. "hahaha.. muka lo mirip monyet.." kita haru menyikapinya dengan senang hati dan positif thinking plus nyengir ceria.. daripada kita dibilangin kayak gini >> "daripada lo.. mukanya mirip manusia.. hahahah" nah miriskan ejekan yang satu ini.. ckckck.. jadi renungkanlah hahaha.


Postingan ini untuk mengikuti Kompetisi Blog Mama Cake

You Might Also Like

44 komentar

  1. Saya tidak ikutan ama Darwin, saya ikut yang punya blog ini hehehe Orang dari kecil juga diajarin kayak gitu :)

    BalasHapus
  2. hahaha :D harus donk... emang udah semestinya milih nabi Adam sebagai manusia pertama :) kecuali kalo seseorang itu dari kecil udah didoktrin dan dicuci otaknya (pakek diterjen kale) ama gurunya bahwa manusia berasal dari kera... beda lagee ceritanya hohoho...

    BalasHapus
  3. menurut teori darwin manusi pertama dari kera, sedangkan menurut agam manusi pertama adalah nabi Adam...

    BalasHapus
  4. aku percaya yang menurut agama Islam dong :D apapun agamanya enaknya minum teh botol ***** (loh) hahahah

    BalasHapus
  5. emm,,,,kan pada dasarnya teori darwin itu putus pada beberapa fasenya,,
    dan darwin sendiri tidak bisa menjelaskan salah satu fase itu,,
    jadi saya setuju yg menurut agama islam, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. fase... hmm... tahapan ya.. hmmmm.. *ngelus jenggot*

      Hapus
  6. wah ngada2 aja tu si darwin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin si darwinnya melakukan penelitian, tapi salah meneliti :D yg harus ditelit manusia eh malah meneliti monyet heheheh ^^V

      Hapus
  7. Bro hanya mo share info nih..carmall lg ngadain kontes dengan total hadiah
    12 juta, syarat gampang. Ikutan ya bro di
    http://id.carmall.com/id/main/contest

    O iya bro..tulung bantu share ya di akun ente, sapa tau temen ente ada
    yang minat ikutan.

    Thanks and respect

    BalasHapus
  8. apa bukti bahwa apa yang dikatakan Alquran-mu benar? tidak ada kan? sama saja kayak Darwin. so hargai saja perbedaan, dan jangan sok tahu ya sob... wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok :P gak percaya baca aja sendiri

      Hapus
    2. ya klw kmu percaya sma teori darwin ya sma ja kmu moyet
      ha ha ha

      Hapus
    3. setejuh tuh ama erwin colz ... si anonim mau disamain ama monyet :P

      Hapus
    4. halah..sok mantap klen..mau disamain ama monyetlah.. ente ada juga krn ada evolusi yg udh lama sekali!! entah itu dari makhluk hidup atau apapun percampuran zat fisika dan kimia!!!! so percayalah ilmu pengetahuan...jangan dongeng mulu kau.. OPEN OTAKMU

      Hapus
    5. BUat PANTAT
      Kini misteri itu terjawab. Ditemukan sebuah fosil kerangka anak kecil berusia sekitar dua juta tahun yang diyakini sebagai spesies baru hominid — gabungan primata dan manusia. Hebatnya, fosil itu relatif utuh, bukan hanya bagian-bagian tulang atau gigi.
      Para ilmuwan yakin, kerangka tersebut adalah tipe nenek moyang manusia yang belum diketahui sebelumnya –yang memasuki tahapan lanjutan manusia kera menjadi manusia, atau disebut juga Homo habilis.
      Ahli yang meneliti kerangka itu mengatakan, karakteristik Homo habilis, yang muncul 2,5 juta tahun lalu adalah tahapan kunci dalam evolusi manusia. Penemuan ini diharapkan bisa mengisi kekosongan dalam sejarah evolusi manusia.
      Fosil hominid yang ditemukan sebelumnya hanya berupa fragmen tulang, sehingga penemuan kerangka yang nyaris utuh memungkinkan para ilmuwan menjawab pertanyaan kunci mengenai seperti apa bentuk nenek moyang manusia — ketika mereka mulai berjalan tegak menggunakan dua kaki.
      Kerangka tersebut ditemukan Profesor Lee Berger, dari Universitas Witwatersrand, ketika mengeksplorasi sebuah gua di Sterkfontein, wilayah Afrika Selatan, dekat Johannesburg. Gua yang mengandung kapur itu diyakini faktor penting yang menjaga keutuhan kerangka.
      Penemuan ini sangat signifikan, sampai-sampai Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma mengundang beberapa ahli universitas untuk melihat fosil itu secara langsung. Kampanye lewat media dan dokumenter televisi juga sedang dipersiapkan.
      Professor Phillip Tobias, satu dari tiga ahli yang kali pertama mengidentifikasi Homo habisis pada 1964 mengatakan, penemuan tersebut sebagai sesuatu yang luar biasa.
      “Penemuan sebuah kerangka, alih-alih hanya gigi atau tulang lengan, adalah hal yang sangat jarang,” kata dia, seperti dimuat laman The Age, Senin 5 April 2010.
      Sementara, Dr Simon Underdown, ahli evolusi manusia dari Universitas Oxford Brookes mengatakan penemuan baru ini membantu para ilmuwan lebih memahami pohon evolusi.
      “Penemuan seperti ini membuat kita makin memahami nenek moyang kita di masa-masa mereka berkembang menjadi manusia untuk kali pertamanya,” kata dia.
      Penemuan ini adalah yang paling penting dan signifikan sejak penemuan fosil utuh berusia 3,3 juta tahun yang diberi nama Australopithicus, atau yang juga dikenal dengan julukan ‘kaki kecil’ pada 1994.
      Penemuan besar lainnya adalah tengkorak utuh dari 2,15 juta tahun lalu berjenis Australopithecus africanus, yang dijuluki ‘Nyonya Ples’, pada tahun 1947.

      Hapus
  9. lagian siapa yang mw di sma kan sma moyet klw orang
    gila entah la ya.....................

    BalasHapus
  10. jika manusia merupakan hasil evolusi alam,,,maka apakah monyet yg sekarang merupakan bakal manusia????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyalah pada rumput yang bergoyang hahaha

      Hapus
  11. kayaxnya gk penting x ya debat soal itu .yg penting sekarang kita manusia berkarya dg positif,dan jngan ributkan perbedaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna perbedaan itulah membuat indonesia menjadi indah (-_-") senggol bacok hahaha ('-')v

      Hapus
  12. darwin itu waktu kecilnya kelamaan maen gandhulan di bawah uwit beringin makanya sampai tua jadi hobi berhalusinasi

    BalasHapus
  13. saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
    Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :D senang bisa membantu :D

      Hapus
  14. ente kalo mau ngebahas ginian dikaitkan dgn ajaran agama gak kan bisa bos...kalo teori darwin bilang begitu..harusnya ente melakukan research ke peneliti lain..ato gk ente neliti sendiri..wkwkkwkw..kalo bandinginnya ke ajaran agama..ya ente adalah org yang ga mau OPEN MIND..selalu tertutup..segalanya berdasarkan agama.. so OPEN YOUR MIND..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun pantat -_-" kan aku ngaitkannya dengan 1 agama :P dan ini pendapat ane :P kok loh sewot sih pantan

      Hapus
    2. makanya....OPEN UR MIND...jgn liat dari kacamata anda saja..jgn primordialisme..apalagi mengatasnamakan agama..aih...ini era abad 21..ga jaman ngedongeng.!!!!

      Hapus
    3. sewot? gak kok..kan judulnya ente kasih gini --Manusia pertama berdasarkan Teori Evolusi Darwin atau Nabi Adam, "MENURUT LOE?"--

      Menurut saya OPEN UR MIND aja...hohoho..ciyeeeee..

      Hapus
    4. kalo gak pakek kacamata ane kagak keliatan gan :P ane kan minus :P

      Hapus
    5. owh gitu..yakin "kagak keliatan" gan? minus brp sih? minus 18 ya? ckckck kesian amat ni orang.. :P :P :P

      Hapus
    6. ook ,, kalo mau logika ,, knpa dgn ada nya seleksi alam yg di sebut evolusi ,, spesies yang harus nya sudah berubah menjadi manusia masih ttep ada ??
      skrg w tanya ma u PNTAT ,, bsa ga lu ngmng ma nenek moyang yg lu percayai (monyet) buat saat ini,, krna jlas" mrka masih ada di sekitar kita???

      Hapus
    7. dan bisa kgak hidup berdampingan ??? jika sejenis harusnya bisa!!!!

      Hapus
    8. anonim: heh dodol...kpn jugak ane bilang kalo nenek moyang itu monyet??? sapa yg bilang ?? hahaha,,kocak amat ni orang.. spesies yg masih ada itu apa gan??? sotoy amat nih... kok ente bisa ngomong gitu coba??? ente udah bermain logika dengan otak agan sendiri kan?? hehehe...ane cuma percaya kalo teori evolusi itu dapat dipelajari..dengan seiringnya zaman.. buktinya manusia purba itu pernah ada.. dan tingkah laku manusia dgn makhluk sebelumnya kurang lebih sama (sama" bertahan untuk hidup)kecuali pola pikirnya yang terus berkembang seiring majunya pengetahuan. ane juga bukan peneliti yg sok tau seperti penulis blog ini.. hidup berdampingan ??? sekarang gini, kita sesama manusia aja sering terjadi perselisihan,,ente ga usahlah bawa" logika..kalo mau main logika..ente haruslah open minded...ingat ya..ane disini tdk utk menjadi musuh anda..

      Hapus
    9. anonim: biar ane kasih tau ya... ane ga ada masalah apa" disini..ane gak tau kenapa manusia itu bisa ada...yang ane tau manusia itu ada ya karena orang tua melakukan hubungan intim..dan dokter yg ngeluarin kita..hehe.. nih ya biar ane perjelas lagi..ane gk peduli mau manusia itu ada krn adanya evolusi lah.. adanya perkembangan apa lah.. yg jelas kita tinggal di bumi..kita hidup di bumi ini yg mana bumi sendiri umurnya udh lebih dari jutaan tahun.. ente bisa bayangin gk sih ?? bumi yg udah lebih jutaan tahun sudah ada?? ente pernah bayangin gk kehidupan di bumi pada saat itu?? pernah nonton The Tree of Life gak? ane cuma mau bilang aja..ane gk peduli dengan teori apapun itu mengenai human exist.. yg jelas sekarang ane hidup dan yg ane tau ane hidup krn orang tua ane...dan dokter di rumah sakit.. udah itu aja.. ane gk ribet...kaya lu lu pada..... ane hidup untuk hari ini...bukan untuk masa lalu...dan masa depan..fuck with that..cause the only thing we can do is just today..

      Hapus
  15. KERA TETEP KERA DONK.. MANUSIA YA TETEPP MANUSIA...
    KALAU kata darwin dari kera menjadi manusia, trus setelah manusia mau jadi apa?... apa jadi gendruo,,,, apa setelah mau jadi kuntilanak.....

    yang paling buenar ya manusia pertama ya NABI ADAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KERA dan MANUSIA sama-sama makhluk hidup. belagu ga mau disamain. nih.. sama-sama punya mata,usus,jantung,paru-paru,telinga,kaki,tangan,bulu,kaki,EMOSI,dll!!oke beda kalo akal pikiran dan IQ!! Evolusi sudah tdk terjadi lagi mungkin di abad skrg ini? who knows? ARE U UNIVERSE CREATOR?

      Hapus
    2. yang ngebedain itu kayaknya cara befikir deh #jleb :P hanya TUHAN yang tau.. gue kan beriman.. #plak (-_-")v pissss

      Hapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe