Euphoria SEA Games ke XXVI di Bumi Sriwijaya

21.21.00

Kompas.com
 Pesta Olahraga Asia Tenggara atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan negara-negara di Asia tenggara. Pada tahun 2011 ini SEA Games untuk ke 4 kalinya menyambangi Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan akbar event terbesar di Asia Tenggara tersebut. Untuk kali ini tidak hanya di Jakarta yang seperti biasanya menjadi lokasi pusat tempat penyelenggaraan SEA Games, namun kota lain juga ikut berpartisipasi yakni Palembang. Palembang yang merupakan tuan rumah utama sendiri menjadi lokasi pembukaan dan penutupan SEA Games yang bertempat di Jakabaring Sport City (JSP) tepatnya di Stadion Gelora Sriwijaya.

Event akbar yang berlangsung selama 11 – 22 November  2011 yakni 20 hari berlangsung sangat amat meriah dan saya sebagai penduduk yang berdomisili di Palembang juga ikut merasakan euphoria ke hebohan SEA Games, mulai dari keindahan gemerlap kembang api yang bersinar terang di langit bumi sriwijaya, banyak turis yang singgah ke kota empek-empek baik lokal maupun macanegara, baik mau menikmati keindahan pariwisata yang disuguhkan oleh Palembang ataupun hanya datang untuk melihat dan menyaksikan secara langsung persaingan kompetisi yang sehat antar negara-negara di Asia Tenggara dalam memperebutkan mendali emas, perak dan perunggu. Tak hanya itu, masyarakat Sumatera Selatan yang ada diplosok pun juga antusias, mereka berbondong-bondong datang ke Jakabaring Sport City demi membela putra-putri bangsa Indonesia yang sedang berjuang membela Indonesia, dan hal itu membuat kemeriahan SEA Games semakin terasa dan menggema di Indonesia khususnya Palembang. Akan tetapi setiap sisi positif selalu berdampingan dengan sisi negatif, yang saya rasakan seperti kebanyakan orang yang berdomisili di Palembang adalah masalah seperti kemacetan, kemacetan sangat amat terasa di hari pembukaan dan penutupan SEA Games, semua jalan utama ditutup untuk umum dan dialihkan kejalan yang lain, saya pulang kuliah yang biasanya nyampai ke rumah sekitaran dua puluh menitan berubah drasti menjadi satu jam bahkan lebih, akan tetapi kemacetan tersebut dapat diminimalisir oleh aparatur petugas lalu lintas yang mengatur lalu lalangnya kendaraan. Disamping itu masalah sepele yang dihadapi adalah masalah lahan parkir, membeludaknya kendaraaan yang masuk ke Jakabaring Sport City membuat lahan parkir serasa langka, saya harus berkeliling puluhan menit untuk mencari lahan parkir yang kosong, dan bahkan panjangnya parkiran tersebut saya perkirakan mencapai kurang lebih 1 (satu) kilometer, hal ini dilihat dari hampir disetiap pinggir jalan baik menuju ke Jakabaring Sport City atau pulang dari sana,  pemandangan yang sering dijumpai adalah terhampar luasnya kendaraaan roda dua dan empat sejauh mata memandang. Dalam masalah ini mungkin aparatur yang bertugas di lahan parkir ini kurang koordinasi atau tidak mencari solusi masalah parkir ini, jadi jika ada tempat yang kosong langsung dijadikan lahan parkir. Namun semoga kedepan masalah ini dapat diatasi dan tulisan ini menjadi koreksi untuk perbaikan kedepan.

 Sebagai tuan rumah SEA Games ke XXVI kita patut berbangga diri karena kita memperoleh mendali emas yang dibilang sangat banyak yakni 182, mendali perak sebanyak 151, dan mendali perunggu sebanyak 142, jadi total perolehan mendali adalah 475 mendali dan kita patut berbanga diri karena menjadi juara umum SEA Games ke XXVI. Walaupun olahraga yang paling banyak digemari yakni sepak bola tertunda menyumbangkan mendali emas, namun kalian para pemain sepak bola telah berjuang keras membela tanah air dan kita harus memuji kehebatan mereka para pemain timnas khususnya timnas U-23.

Penutupan SEA Games tidak kalah meriah dengan Pembukaannya, euphoria kehebohan SEA Games bergema di Gelora Sriwijaya dan tak ketinggalan parade kembang api yang “wah” dan aksi-aksi membentuk berbagai formasi melalui tarian dan gerakan yang lincah turut mendukung keseruan SEA Games, serta sedikit bumbuh teriakan histeria dari para penonton yang bangga akan Indonesai menjadi juara umum
.
Event terbesar di Asia Tenggara yakni SEA Games ke XXVI yang menyambangi Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara, menurut saya acara ini sukses besar, karena Indonesia dapat mendulang emas melebihi target. Diharapkan dengan adanya perhelatan akbar ini dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dan kedepan Indonesia dapat memperbaiki beberapa kesalahan disana-sini agar tidak terjadi kesalahan yang terulang kembali. Jadi tetap semangat Indonesia, dan aku yakin kedepan kau akan maju dan menjadi lebih baik lagi dan lagi. Ayo Indonesia Bisa…!!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe