IBU: You Are My Everything

02.08.00

22 Desember merupakan peringatan hari ibu.  Hari ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.


Tapi bagiku hari ibu adalah suatu moment yang berharga bagi seorang anak untuk mengenang jasa ibunya, serta mengintropeksi diri khususnya seorang anak, apa yang telah dilakukan buat membahagiakan ibunya, apa kesalahan yang telah dilakukan terhadap ibunya, dan masih banyak lagi hal yang berkaitan dengan makna hari ibu itu sendiri.

Ibu bagiku bagaikan pelita dalam kegelapan, sumber cahaya yang terang dan tak pernah padam. seseorang yang mampu mengubah racun menjadi tawar, tawar menjadi susu, susu menjadi madu. ibu itu adalah, malaikat pelindung terbaik dialam raya.  beliau bersedia menjadi payung dikala mendung, menjadi air dikala panas menyerang.  Menjadi nasi disaat lapar , menjadi selimut saat dingin menusuk tulang. Ibu dapat diibaratkan matahari disiang hari dan rembulan dimalam hari, siangnya memberikan kehangatan, dari sinar panas matahari itupun semua makhluk didunia mendapatkan manfaatnya, serta dikala malam menjadi penerang jalan alami yang menuntut semua makhluk hidup.
Keikhlasan, kesabaran, ketekunan, dalam membimbing anaknya menuju jalan yang “lurus”, menujukkan arti hidup yang sesungguhnya. Tak ada keluh kesah, benci, serta dendam terhadap buah hatimu. Engkau mengandung, melahirkan, menjaga hingga dewasa, memberikan perlindungan bahkan pengorbanan demi buah hatimu.
Walaupun engkau sering memarahi buah hatimu, itu dilakukan semata-mata hanya untuk membimbingnya kejalan yang benar. Dan yang tidak akan pernah terlupakan adalah cinta seorang ibu yang amat besar bahkan mampuh mempertaruhkan nyawa demi anaknya.
Teringatku sebuah lagu yang menggambarkan betapa besar cinta seorang ibu terhadap anaknya:
Ribuan kilo jalan yang kau tempuh

Lewati rintang untuk aku anakmu


Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki penuh darah penuh nanah

Seperti udara kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas...
Ibu..
Ibu..

Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu
Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu

Lalu do'a-do'a baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas...
Ibu..
Ibu.. (Ibu by Iwan Fals)


Begitulah seorang ibu yang dapat melakukan hal apapun demi buah hatinya, meskipun terkadang ada sebagian anak yang lupa akan ibunya, akan tetapi beliau tetap memaafkan kesalahan apapun yang dilakukan anak. Kemurkaan ibu adalah kemurkaan tuhan, kasih sayang ibu adalah kasih sayang tuhan. Makan itu terkenal sebuah kalimat “surga ada di telapak kaki ibu”. Maka dari itu sayangilah ibu semasih ada waktu dan jangan sampai menyesal dikemudian hari.

You Might Also Like

4 komentar

  1. @asis ibu adalah hero :) terbaik didunia

    BalasHapus
  2. Kasih sayang ibu yang kita ketahui itu sesungguhnya belum sepertiga dari kasih sayangnya ke kita.

    :)

    BalasHapus
  3. ibu makhluk yang luar biasa hebatnya :)

    BalasHapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe