Wujudkan Sumsel menjadi Cyber City, Provisi Digital

13.04.00

Di zaman era modern seperti sekarang, perkembangan teknologi berkembang amat pesat, khususnya pada bidang teknologi internet.  Internet menjadi suatu kebutuhan “primer” dalam aktifitas baik dalam sektor-sektor bisnis, informasi digital,dll.  Bahkan di dunia per-internetan pun orang-orang bisa saling berkenalan dengan teman baru dan tetap menjalin silaturahmi dengan teman lama dengan memanfaatkan social media seperti facebook, twitter dan masih banyak lagi.


Dengan teknologi internet, tidak menutup kemungkinan banyak potensi dan sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Pemanfaatan internet pun tidak sebatas pada sektor-sektor tersebut diatas. Sekarang ini, teknologi internet juga dimanfaatkan  sebagai fasilitas di dunia pendidikan khususnya di Indonesia.

berinternet dengan memanfaatkan Wi-Fi di taman >>
 sumber foto: ahmedfikreatif.files.wordpress.com
Khususnya di Sumatera Selatan, pemanfaatan potensi sumber daya dari teknologi internet sangatlah berguna bagi kehidupan masyarakat kota dalam berbagai bidang, baik ekonomi, politik, sosial, pendidikan, dll. Dengan memanfaatkan teknologi internet di Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang, dapat menciptakan Kota Palembang menjadi Cyber City, dimana merupakan sebuah konsep kota modern berbasis teknologi informasi.

Pemanfaatan potensi sumber daya Sumatera Selatan menjadi Cyber City, dapat berdampak positif bagi masyarakatnya, kenapa demikian?, karena dengan teknologi internet, konsep kota masa depan akan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tanpa batas, dan hal ini dapat meningkatkan kualitas dari masyarakat Sumatera Selatan.

Maka dari itu, untuk menciptakan kota Cyber City di Sumatera Selatan maka diperlukan jaringan internet khususnya berbasis Wi-Fi, yang ditempatkan di tempat terbuka, seperti taman kota, tempat rekreasi, tempat olahraga, pelabuhan, bandara, terminal, pusat perbelanjaan modern, dan tempat wisata. Hal ini agar dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

berfoto di griya agung saat launching sumsel WiFi area
Selain itu, dengan berkonsep kota Cyber City, Sumatera Selatan dapat berpontensi menarik lebih banyak lagi wisatawan dan para pebisnis untuk berkunjung dan menikmati fasilitas kota modern dengan layanan teknologi internet yang dapat dijumpai dimana saja.

Dalam mewujudkan Sumatera Selatan menjadi kota Cyber City, maka Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) provinsi Sumatera Selatan adalah wadah yang tepat untuk merealisasikan hal tersebut karena sesuai dengan bidangnya. Dalam penggunaan teknologi internet pun dibutuhkan pengawasan terhadap potensi penyalahgunaan internet, oleh karenanya Dishubkominfo membentuk Relawan TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) Sumsel yang berfungsi mengawasi terhadap penggunaan internet di wilayah Sumatera Selatan.

Potensi pemanfaatan sumber dayasumatera selatan ini tidak terlepas dari kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung terwujudnya Sumatera Selatan menjadi kota modern berbasis teknologi informasi. Peran seluruh masyarakat Sumatera Selatan pun juga sangat penting dalam menciptakan kota Cyber City. Oleh karena itu, mari kita wujudkan SumateraSelatan sebagai Provinsi Digital yang dapat dibanggakan Indonesia di kancah Internasional.

refrensi : dishubkominfo.sumselprov.go.id

You Might Also Like

6 komentar

  1. jadi SDM Sumsel jadi makin berkualitas, sejiwa dengan saya bro,.."Kalau boleh bermimpi tentang Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Sumatera Selatan, saya pasti memilih Potensi Sumber Daya Manusia Sumatera Selatan lah yang merupakan potensi sumber daya terhebat yang dimiliki Sumatera Selatan dengan jumlah penduduk 7.450.394 jiwa dan bisa dipastikan akan terus bertambah.
    http://www.denys.web.id/2012/06/bijakkah-kita-mengelola-sumber-daya.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita wujudkan sumsel menjadi lebih baik :D dan menjadi provinsi yang berbasis teknologi informasi :D sehingga memudahkan semua orang untuk mengakses internet

      Hapus
  2. kendala untuk area hotspot di tempat terbuka di kota Palembang, sepertinya masalah keamanan dan kenyamanan, sedang enak-2 browsing bisa-bisa laptop dirampas oknum tak bertanggung jawab.....happy blogging sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener juga nih :D berarti diharapkan di area wifi itu juga ada kayak spy cam, kamera tersembunyi gitu buat mantau.. kalo aja tiba-tiba ada yg nyuri laptop, segera dilaporkan dan bakalan ketauan deh yang nyolong itu ehhehehe.. atau di setiap taman kota sebagai tempat terbuka ada baiknya ada orang yg merawat taman sekaligus sebagai penjaga keamanan di tempat itu.. hahailah :D thanks so masukannya dan kunjungannya :D salam blogger

      Hapus
  3. wah SUMSEL keren nih visi dan misinya untuk mewujudkan cyber city

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya dong :D sumsel gitu loh... hahahhaa

      Hapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe