Yuk 'Bersih-Bersih' PLN! Supaya PLN Bersih

04.17.00

Yuk “bersih-bersih” PLN...! Supaya PLN Bersih dan terbebas dari ion-ion negatif seperti korupsi, suap, pungutan liar dan sejenisnya baik skala kecil maupun besar, yang menyerang sistem kekebalan tubuh dari PLN. Eiiittss... tapi dalam mewujudkan PLNBersih, jangan sampe ada yang bermain air (biasanya juga yang digunain bermain api (._.")v hehehe  #lupakan), entar kalo kena “sentrum” baru tau rasa loh.. *titah blogger, harus diindahkan* #okesip.

ilustrasi gambar: sumber belajarintoday.blogspot.com
Perusahaan Listrik Negara, atau yang paling familiar dikalangan masyarakat sering disingkat dan disebut dengan PLN ini, merupakan perusahaan yang paling dekat dan dicintai sekaligus juga ada sebagian yang membenci, oleh masyarakat Indonesia, maklumlah kan di negara Indonesia yang luas banget ini gak mungkin cuma ada 1 orang yang mendiami 1 negara. “ada lebih dari 200juta jiwa penduduk Indonesia, terdiri dari banyak suku bangsa itulah Indonesia” itu kata Bang Haji Roma Irama.... dulu sekali ketika saya masih Sekolah Dasar ('_'!!)v... Tapi yang pasti jumlahnya terus bertambah setiap tahun dengan dihiasi berbagai pemikiran, berbagai prestasi, dan berbagai konflik yang timbul seiring berjalannya waktu.

Di jaman sekarang, siapa sih yang gak tau dan gak kenal PLN???, mulai dari balita >> anak-anak >> remaja >> 4l4y >> dewasa... dipastikan tau, karena PLN itu adalah kebutuhan dasar setiap insan manusia, kebutuhan yang diharuskan hadir disaat manusia terbangun dari tidur hingga tertidur lagi.

ilustrasi: sumber pilarsulut.com
Coba deh bayangin kalo gak ada listrik (>_<")... gadget kesayangan kita gak bakalan hidup lagi, di negara beriklim panas gak bakalan bisa menikmati dinginnya es yang berasal dari kulkas, trus kalo masak nasi pakek kayu bakar dan gak bisa ditinggali, soalnya kalo ditinggalin bisa gosong, dan efek terparah jika gak ada listrik adalah Indonesia akan memasuki era kegelapan. Makanya PLN itu Penting.

Karena peran PLN yang penting itulah kenapa banyak banget menjadi incaran sebagian oknum yang mencoba peruntungan dengan memanfaatkan untuk memperkaya diri sendiri, yang pasti oknum-oknum tersebut melibatkan pihak PLN, pegawai-pegawai, atasan, bahkan mitra kerja pun ikut nimbrung mengais rejeki. yah itu tadi... mulai dari ada yang korupsi kecil-kecilan, atau mungkin suatu saat bakalan ada korupsi berjamaah dalam PLN.. (>o<") oh my god... semoga gak terjadi... amiiiin. #pray.

sumber foto: tribunnews.com
Nah.. oleh karena itu lah makanya PLN mulai berbersih dan berbenah diri untuk mewujudkan PLN Bersih. Melalui PLN Bersih ini, PLN berkehendak kuat membangun sistem yang baik untuk menangkal praktek korupsi dalam bentuk apapun. Untuk terwujudnya hal tersebut, dibutuhkan komitmen tentunya dari pihak PLN, Pegawai, Atasan, serta Mitra Kerja PLN. PLN juga harus me-review kedua proses bisnisnya yakni proses pengadaan dan proses pelayanan pelanggan, karena kedua proses inilah yang rentan banget dihinggapi korupsi.

sumber gambar: pln.co.id
Upaya PLN untuk menjalankan bisnis yang bebas dari praktek korupsi melalui program PLN Bersih, diwujudkan dengan membangun sistem yang mampu menangkal segala potensi terjadinya praktek korupsi. Sistem apakah itu?... Saat ini PLN membangun sebuah sistem yang berlandaskan empat pilar utama PLN Bersih yang dikenal dengan PITA, yakni:
  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik.
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih.
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih.
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.
sumber foto : tribunnews.com
Dalam melakukan pencegahan korupsi, PLN pun melakukan inovasi dan inisiatif dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Apakah sajakah yang telah dilakukan PLN untuk itu...?
  • Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka pelanggan dengan pegawai PLN. Jadi gak perlu repot-repot naik ojek atau jalan kaki ke kantor PLN terdekat, tinggal duduk manis di rumah, pilih layanan pasang baru, tambah daya, atau pasang sementara secara online melalui website http://www.pln.co.id/pbpd/index.php tinggal klik deh.
  • Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan. Jadi kita gak perlu bertatapan langsung dengan petugas PLNnya, tinggal telpon aja di Contact Center 123, buka facebook Official Fans Page PT. PLN (Persero) dan mention ke twitter @pln_123
  • SMS PLN Peduli, kalo ada petugas PLN yang minta-minta uang dan memeran, kita kirim SMS aja langsung ke nomor 081281022000, pasti deh akan di follow up atau ditindaklajuti.
  • Melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.
  • Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan.
  • Membangun whistler blower system bagi karyawan PLN
  • Memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi
  • Melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi.

Untuk mewujudkan PLN Bersih, PLN pun menjalin kerjasama dengan Transparency International Indonesia (TII), ini merupakan langkah yang sangat strategis untuk memperbaiki sistem di dalam tubuh PLN. Sebab membangun sistem memang tidak mudah. Kami gembira direksi PLN memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk membangun dan membentuk sistem yang sustainable yang sejalan dengan penerapan GCG dan prinsip anti korupsi. Hal ini menunjukkan keseriusan PLN dalam upaya pemberantasan korupsi. Dengan demikian, publik semakin mengetahui bila kondisi PLN semakin baik, kata Natalia Subagio

Semoga dengan adanya kerjasama ini diharapkan memberikan nuansa yang lebih baik lagi di mata publik/masyarakat terkait dengan praktek penyelenggaraan korporasi PLN yang didasarkan ada tata kelola perusahaan yang baik dan benar, transparan dan Anti Korupsi. demi terwujudnya PLN Bersih.

“Hukumnya haram kasih uang tip, uang rokok bahkan uang makan, uang apapun ke petugas PLN yang melayani masyarakat baik pasang listrik, ada kerusakan kabel PLN di rumah pelanggan, kami mohon jangan,” tegas Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN.


Refrensi:
http://plnbersih.com/blog/2013/10/05/blogger-kumpul-bareng-pln-berbincang-anti-korupsi/
http://plnbersih.com/blog/2013/10/07/pita-empat-pilar-program-pln-bersih/
http://akudanpln.blogdetik.com/tentang-pln-bersih-2/

You Might Also Like

4 komentar

  1. semoga PLN Bersih tidak hanya menjadi wacana doank, tetapi harus segera direalisasikan dan dijalankan terus hingga kedepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi gan... harus tetap majuuu...! :D

      Hapus
  2. ayo PLN bersih gerakan dari sekarang,, cayoo terus buat PLN bersih, makin bersih makin tajam penyinarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan makin sering bersinar... (re: gak ada/atau diminimalisir pemadaman bergilirnya) hehehe

      Hapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe