Review: kegiatan Pelatihan Manajemen Website se-Sumater (PMWS) 2011

01.59.00

foto-foto kegiatan pmws 2011


Bandar Lampung-Media Sriwijaya,
Pelatihan Manajemen Website se-Sumatera (PMWS) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung dengan tema “Bingkai Sumatera Lewat Dunia Maya” yang digelar pada tanggal 15-20 Oktober 2011 dapat dikatakan “wah”, karena berjalan lancar dan sukses.
Hari Pertama pembukaan diawali dengan Workshop bertemakan “Nge-Blog Biar (Gak) Go-Blog” yang diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan, seperti wartawan, siswa, mahasiswa,umum, dll. Workshop yang bertempat di Pondok Kelapa di kawasan Universitas Lampung dibuka oleh sambutan dari Pembantu Rektor III Unila Prof. Dr. Sunarto, SH.MH. dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan kota Bandar Lampung serta pimpinan umum UKPM Teknokra Unila. Workshop ini diisi pembicara oleh Andreas Harsono (Yayasan Pantau) yang menyampaikan “New Media: Bagaimana Jurnalisme Bekerja dengan Internet” dan Budi Putra (Viki.com) yang menyampaikan “Menulis di Internet: Berbagi dengan Blog”.
Kegiatan PMWS berlangsung di Bandar Lampung diikuti oleh 29 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang berasal dari berbagi provinsi di Pulau Sumatera. Adapun serangkaian acara yang dilaksanakan yakni di hari kedua tentang penyampaian Materi Pengenalan Bagian-bagian Web Portal serta Cara Menggunakan dan Penerapannya, selanjutnya Materi Manajemen Pembuatan Web Portal. Hari Ketiga diisi dengan Materi Pembuatan Web Portal dilanjutkan dengan praktek (template, modul, komponen), masing-masing peserta kemudian diwajibkan untuk membuat web portal dan web yang terbaik akan menjadi web portal persma se-Sumatera. Hari keempat diisi dengan Materi Cara Menguploud Konten dan Web, serta Cara Meningkatkan SEO Web Portal, Selanjutnya Materi Hosting dan Security Internet. Hari kelima penyampaian Materi Cara Mempercantik Tampilan Web Portal dan Pengumuman Web Portal terbaik. Hari keenam yakni diakhiri dengan Pendeklarasian persma se-Sumatera dan Peresmian Web Portal Bersama.
foto : team dari Media Sriwijaya saat presentasi pelatihan website
Setiap malam harinya diadakan diskusi untuk membahas pembentukan persma se-Sumatera, diskusi ini banyak menimbulkan pro dan kontra dalam setiap pembahasannya, namun pada akhirnya karena keputusan dan kesepakatan bersama telah ditentukan sebuah nama yang menjadi naungan bagi persma yang ada di Sumatera yaitu “Komunitas Pers Mahasiswa se-Sumatera”, pemberian nama ini juga merupakan subangsi dari LPM Media Sriwijaya yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan PMWS 2011 yang berlangsung di Bandar Lampung dan pada malam itu juga ditetapkan Web Portal terbaik yang didesain oleh Khairul Mubaraq perwakilan dari LPM DETaK Unsyiah.
Dengan adanya Pelatihan Manajem Website se-Sumatera ini dapat memberikan manfaat diantaranya sebagai ajang pembelajaran dalam menyelenggarakan kegiatan bertaraf regional, Meningkatkan pengetahuan peserta tentang manajemen website dan meningkatkan pengetahuan peserta tentang media online. Tentunya dalam kegiatan PMWS ini diharapkan  peserta dapat mengaplikasikan pengetahuannya yang didapat dan dipelajari. (maman)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe