Danau Ranau: Things to Do

00.54.00

Menjadi ranking 2 setelah Danau Toba (dalam hal ini luasnya ya...), tak menyurutkan niat Danau Ranau untuk terus mempercantik diri agar dilirik oleh mata dunia.. #tsaaah. Meski tidak setenar Danau Toba yang merupakan danau terluas di Pulau Sumatera sekaligus di Indonesia, tapi banyak hal menarik dan memikat hati loh jika kalian menyempatkan diri mampir ke “Secret Heaven”-nya Sumatera Selatan.

Aku dan teman-teman blogger wonderful sriwijaya menyempatkan diri untuk mampir ke Danau Ranau, meskipun hanya sebentar namun banyak sekali hal menyenangkan yang dapat dilakukan saat di area Danau Ranau..

Maka dari itu buat teman-teman yang ingin mengeksplorasi kecantikan Danau Ranau, berikut hal wajib yang harus dilakukan saat berada di Danau Ranau...

1. Cari penginapan atau tempat yang bisa “I woke up like this”

Hohoho... memang tidak dipungkiri.. saat memasuki gerbang “Selamat Datang” udah langsung disuguhi pemandangan danau ranau yang dikhiasi bukit-bukit serta satu gunung yang sangat menonjol keberadaannya, yaitu Gunung Seminung.
Saat sore tiba pun pemandangan dari balkon penginapan wisma Pusri tempat aku dan teman-teman menginap pun menyajikan pemandangan matahari terbenam yang cakep, bahkan rasa capek selama perjalanan pun sirna saat duduk dikursi balkon sambil menyaksikan sang surya yang perlahan menyembunyikan dirinya dibalik gunung seminung..

Dan saat pagi tiba pun.. bbbrbrrbbr.. dinginnya air, segarnya udara, serta cantiknya pemandangan membuat suasana rilex.. hey guys... I woke up like this yoo...
Atau bagi kalian guys yang mau nyobain nge-camp alias masang tenda sendiri, dipersilahkan cari tempat yang strategis namun jangan lupa lapor di kades setempat ya.

2.  Keliling Mengitari Pulau Marisa

Danau Toba dan Danau Ranau pun punya kesamaan, yaitu sama-sama ada pulau terletak ditengah-tengahnya.. meski gak seluaaaaas Pulau Samosir, Pulau Marisa yang hanya luas beberapa puluh meter ini menyajikan nuansa asri, liar, dan creepy sekaligus.. kenapa aku sebut creepy.. karena pulau ini merupakan pulau yang dikeramatkan oleh penduduk setempat dan ada kaitannya dengan legenda si Pahit Lidah.
Heeey.. jangan lupa selama perjalanan diatas perahu mengitari danau harus lihat kiri kana dan sekeliling ya.. banyak objek aduhai dah bagi pencinta photography dan instagramers hahaha..

3. Mendaki Gunung Seminung
Bagi yang katanya anak gunung sejati silahkan mencoba mendaki gunung seminung dah, pemandangannya pasti punya view unik tersendiri dah. Dari bawah aja ngeliatnya udah kece banget apalagi dari puncaknya langsung hahaha.

4. Wajib nyebur atau paling nggak berendam deh.
(foto yang ini jepret by: +Pojiegraphy Journal )
Setelah asik mengelilingi danau ranau via perahu aku dan teman-teman blogger wonderful sriwijaya merapat ke “hot spring” ala Danau Ranau.. siapa sangka ternyata ada sumber mata air panas disini hahaha.. alam telah menyediakan bahannya utamannya, tinggal dari penduduk setempat/pemerintah untuk mempercantik lagi nih “hot spring”. Dan saran ane kalo mau berendam mending pagi-pagi dah kesini hahaha.. karena siang panas masa juga berendam yang panas, maka dari itu aku pilih nyebur langsung ke Danau Ranau.. Padahal jarak dari Sumber Air Panas dan Danau Ranau hanya dipisahkan oleh Pagar Pembatas tetapi kok bisa beda ya temperaturnya hahaha..

5. Nikmatin Menu Khas Danau Ranau
Setelah lelah renang manja di danau ranau hahaha... energi pun terkuras serta cadangan makanan diperut pun mulai habis.. saat yang tepat untuk mengisi kembali asupan energi di perut. Karena masih di area Danau Ranau. Ikan Mujair Kumbang Bakar menjadi pilihan yang tepat saat berada disini guys.. daging ikannya yang tebal serta bumbunya yang dioleskan saat pembakaran itu meresap, kemudian dicocol dengan sambel tomat ceri atau bisa pilih kecap manis dengan irisian bawang dan cabe segara.. aaaahh.. nikmat banget.

6. Cobain Rafting yuk..!
(foto by kakak-kakak dari Ranau Rafting)
Aku dan teman-teman blogger wonderful sriwijaya berkesempatan mencoba rafting di danau ranau.. namanya ranau rafting.. huwooo guysss.. gak nyangka ternyata ada rafting disini.. bagi yang menyukai tantangan yang memacu andrenali.. selain perlengkapannya yang udah standar untuk keselamatan, disini kita juga bakalan merasakan jernih serta segarnya deburan air saat rafting.. pokoknya sensasinya beda deh.

7.  Jangan Sendirian Ya...
(jepret by kameranya +Pojiegraphy Journal )

Bagi yang mau liburan kesini jangan sendiri ya.. sepi loh kalo sendiri, paling asik ajak temen, sahabat, atau keluarga deh buat ilangi stress dari penatnya kehidupan hahaha. Danau Ranau pun menyajikan hiburan alami yang diciptakan alam untuk menghibur hati kaum manusia yang haus akan keindahan alam.

You Might Also Like

5 komentar

  1. Untunglah kemaren rame-rame perginya... Ditunggu yang edisi chickenpupflawa yahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahhaha chicken pup flower hahahhaha :D

      Hapus
  2. Ya Allah keren banget danaunya. Ada gunungnya segala ya. Huhuhu kapan ya bisa ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan sekarang lagi melanglang buana disana hahahha

      Hapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe