Gerhana Matahari Total Palembang: Petjaaaah...! #WonderfulEclipse #WonderfulSriwijaya

20.34.00


Masih jelas banget diingat daku yang kadang rada labil ini, tepatnya pada moment itu (09.03.2016).. you know.. sebuah peristiwa fenomena alam yang sangat langkah dan mungkin hanya terjadi sekali dalam beberapa puluh tahun, apalagi peristiwa fenomena alam yang langkah ini terjadi di Indonesia dan Palembang merupakan satu diantara kota yang beruntung banget bisa menyaksikan fenomena alam ini secara utuh.. fenomena alam tersebut adalah Total Solar Eclipse... (inget ya.. tulisan ane ini bukan kelanjutan kisah dari Twilight, yang itu tuh tentang vampir ada srigalanya, tapi bukan GGS :p #SaveSinetronIndonesia hahaha #loh).


Tolal Solar Eclipse atau di Indonesia lebih dikenal dengan Gerhana Matahari Total merupakan fenomena alam dimana ceritanya Bulan yang LDR-an dengan Matahari akhirnya bertemu dan pertemuan mereka membuat keadaan Bumi yang siang terang menjadi mendadak gelap gulita layaknya malam. Oh.. by the way sebelum ane lahir ternyata tahun 1988 silam mereka (maksud aku tentu saja Bulan dan Matahari hahaha) udah temu kangen di Palembang, itu artinya terjadi pada 27 tahun silam terhitung dari tahun sekarang, dan sekarang mereka memasukan Palembang ke daftar tempat pertemuan mereka lagi.. ooww so sweeet.. tapi tragisnya kisah LDR mereka.


Oke.. sekarang balik ke topik utama.. sebagai orang yang tinggal di Sumatera Selatan dan sering lalu lalang ke Palembang.. fenomena alam yang langkah ini harus banget disaksikan.. Why...? karena kita gak tau kapan lagi bisa merasakan fenomena kebesaran tuhan yang maha esa ini #mendadakbijak. Dan menurut info dari om-om yang berkompeten dibidangnya bilang Gerhana Matahari Total yang melintasi kota Palembang bakalan terjadi 375 tahun lagi... (padahal aku tau info ini dari Yai pas nge-mc di atas jembatan Ampera bareng Cek Maria (re: Yai & Cek Maria merupakan MC kondang di Palembang dan bintangnya PalTV hehehe))..

Demi.... demi apalah-apalah supaya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total di Palembang (hashtag-nya #GMTPalembang deh), daku dan teman-teman dari luar kota Palembang, yang pastinya masih di Indonesia, ada juga from Singapore & Malaysia. Kita-kita dipertemukan oleh #GMTPalembang yeeeey...


Subuh-subuh udah on the way ke Jembatan Ampera, lokasi yang katanya paling asik untuk menyaksikan langsung #GMTPalembang, dan ow ow ow...! udah rame banget... ini masih jam 4:30an loh.. ini membuktikan masyarakat kota Palembang antusias banget.

Setelah berhasil menemukan tempat duduk yang telah disediakan sembari menanti jadwalnya Bulan menemui Matahari, ternyata udah banyak banget stasiun tv lokal dan nasional yang udah stand by buat liputan. Serta sejauh mata memandang jembatan Ampera layaknya sungai manusia, petjaaaah...!

Awan (Asap?)

Waktu pun menujukan pukul 07:00an dimana semua mata tertuju pada Matahari yang perlahan-lahan ditutupi oleh Bulan. Anyway.. untuk mendapatkan hasil jepret yang aduhai saat moment #GMTPalembang ini susahnya susah sekaleee.. maksudnya aduhai disini yaaah foto Gerhana Matahari yang kayak cincin gitu.. kenapa susah sekale ane bilang, dikarenakan harus berpacu dengan awan (asap?) yang tebal yang seolah-olah berusaha menghalangi aku yang ingin mengabadikan pertemuan kisan LDR Bulan dan Matahari ini.. #Kezeeeel.. tapi itulah tantangannya, jadi harus jeli dan tanggap jepret-jepret moment saat awan (asap?) lengah dan Matahari muncul.


Namun... dari semua moment tersebut, fase yang membuat daku merinding, takjub, dan dalam hati selalu bilang subhanallah... masyaallah... astagfirullah... allahuakbar... tepatnya saat #GMTPalembang bener-bener total dan seketika langit menjadi gelap seperti malam, ditambah lagi serentak masyarakat Palembang dan pengujung dari luar kota bershalawat (aku juga ikutan loh), suasananya dramatis sekali.. sungguh keren dan amazing ya Allah kebesaran-Mu dan fenomena alam yang telah kau perlihatankan pada daku yang merupakan hamba-Mu yang beruntung dapat mengalami peristiwa langka ini.

Daku salut banget dengan Pemerintahan Sumatera Selatan, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan yang bisa banget mengemas fenomena alam ini menjadi sebuah daya tarik yang luar biasa bahkan banyak turis berdatangan dari mancanegara hanya untuk menyaksikan gerhana matahari total. Selain itu juga jembatan Ampera disulap menjadi tempat jamuan untuk menyaksikan langsung gerhana matahari, dan disedikan food truck serta makanan khas palembang seperti pempek, mie celor, celimpungan and many more... untuk sensasi sarapan spesial.. taulah dewek wong plembang dan afdol kalu dak ngirup cuko pagi-pagi hahaha apalagi gratis. #aseeeek. 

antuasias masyarakat sumsel dan luar kota menyaksikan #GMTPalembang
Bahkan sebelum Matahari dan Bulan bertemu, Pemerintah Sumatera Selatan udah prepare menyambut pertemuan LDR mereka dengan Pasar Malam di Benteng Kuto Besak, Pawai Ogoh-ogoh (kebetulan bertepatan dengan hari raya nyepi ya guys #norasis plissss), glowing night run, barongsai, parade, pelepasan lampion dan pertunjukan musik.. pokoknyo ujiku top markotop da.. matilah kendak wong nak ngomong acara palembang gerot tapi gerotnyo berkelas men ujiku.. Sukses acara yang bertajuk “Festival Gerhana Matahari Total Palembang” juga karena antusias masyarakat kota Palembang.. kalian luar biasa.. sekali lagi.. Palembang Petjaaaaah...! #WonderfulEclipse #WonderfulSriwijaya #WonderfulIndonesia


Festival #GMTPalembang 2016 oleh mamanisss

You Might Also Like

6 komentar

  1. Maman! Kok shot gerhana kamu cantik. Best moment ever!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you pojie :D hahaha I'll be waiting for your video at the Ampera Bridge :D pasti terbaik..! :D

      Hapus
  2. Pake zoom maksimal untuk di gerhana yo man.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo kak.. makek hape maman fotonyo hahahha

      Hapus
  3. Hehehe, asap pabrik Pusri bikin kacau suasana ya? :D
    Tapi, semisal dilihat dari tempat lain seperti di Prabumulih gitu yang bebas asap pabrik harusnya mataharinya kelihatan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mas hehhehehe.. tapi kata om-om penelitinya kebetulan yang dilewati kota palembang, bukan prabumulih #loh hehehhe XD

      Hapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe