Lulusan Pertama Sampoerna Academy Wujud Realisasi Menciptakan Pemimpin Masa Depan yang Berkualitas

00.43.00


Awalnya dapat info dari mailist blogger wongkito bahwa komunitas blogger wongkito dapet undangan dari Sampoerna Academy di Palembang. Nah.. dalam undangan itu diundang hanya 5 orang perwakilan dan saya termasuk kedalamnya.

Saat menghadiri acara lulusan angkatan pertama dari Sampoerna Academy Palembang ini.. “waaah” mungkin itu yang terucap saat memasuki gedung tempat wisuda, pelayanan dari panitianya yang merupakan siswa dari Sampoerna Academy Palembang pun sangat ramah dan cekatan. Dan yang “waaah” itu saat upacara pembukaan acara wisudanya... mantap gan.. ala-ala Harry Potter gitu, trus mereka kompak banget dan untuk sesi hiburan, paduan suaranya cukup menghibur apalagi pas pemutaran videokegiatan mereka serasa nonton di bioskop, dan acara tersebut hadiri oleh orang-orang penting salah satunya Direktur utama Garuda Indonesia.

Tepatnya tanggal 6 Juni 2012 di Palembang, ada sekitar 79 siswa Sampoerna Academy Palembang (SMAN Sumatera Selatan) yang menjadi lulusan angkatan pertama, sekolah menengah atas bertaraf internasional ini berada dalam naungan Putera Sampoerna Foundation dan provinsi Sumatera Selatan adalah tempat pertama didirikannya sekolah ini di Pulau Sumatera. Dan bikin salut lagi para lulusan pertamanya ini banyak banget diterima di hampir di perguruan negeri tersohor di Dunia maupun di Indonesia.

Untuk perguruan tinggi negeri di Indonesia, yang diterima melalui jalur undangan ada 15 siswa, dan Universitas itu antara lain: Universitas Indonesia (1 orang), Universitas Gadjah Mada (11 orang), Universitas Airlanggga (1 orang), Institut Pertanian Bogor (1 orang), Universitas Padjajaran (1 orang). Dan untuk perguruan tinggi luar negeri ada 17 siswa: University of Hawaii (1 orang), University of Kentucky (1 orang), University of Minesota (2 orang), University of Missouri (6 orang), Texas Tech (2 orang ), dan West Virginia University (5 orang).. waaaaah mantaaaaaab....

Selain itu perguruan tinggi swasta yang ada di Palembang pun tidak mau ketinggalan menawarkan beasiswa full untuk para siswa Sampoerna Academy Palembang, diantaranya seperti Media Komunikasi Trisakti dan Universitas Bina Darma.

“merupakan suatu kebanggaan bagi kami bahwa para lulusan tahun 2012 telah mencapai prestasi yang luar biasa, mereka telah tumbuh menjadi individu dewasa dan memiliki keahlian serta keterampilan untuk siap menghadapi perjalanan pendidikan selanjutnya. Kami percaya mereka akan tumbuh menjadi individu yang akan terus memegang erat nilai-nilai, etika kerja, dan yang terpenting, nilai kemanusiaan serta memiliki karakter yang kuat sebagaimana yang telah diajarkan selama ini di Sampoerna Academy” ujar Nenny Soemawinata, Managing Director Putera Sampoerna Foundation.

Menurutku Sampoerna Academy berbeda dengan sekolah-sekolah menengah atas pada umumnya. Selain mengajarkan ilmu pendidikan, disini para siswa karakternya dibentuk menjadi pemimpin yang kelak akan memimpin negara tercinta kita ini. Dan yang saya kagum dari Sampoerna Academy ini adalah mereka menerima siswa berprestasi dan berkarakter dari SMP dengan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam menyeleksi siswa tersebut, selain itu khusus yang berasal dari keluarga prasejahtera, dan memiliki kualitas kepemimpinan didalam dirinya.

Padahal saya bukan siswa ataupun lulusan dari Sampoerna Academy Palembang, tapi saya merasa sangat bangga dengan hadirnya Sampoerna Academy Palembang, sekolah berkonsep asrama dengan taraf Internasional.

Dan yang bagian penutupannya... meskipun saya cuman tamu undangan VIP, tapi saya merasa terhanyut dan ikut sedih pada acara wisuda mereka. Dan yang saya salut sesuai dengan taraf internasional, dari acara awal mulai hingga selesai 99% dialog digunakan dalam bahasa Inggris.. dan terbesit jika punya anak kelak obsesinya pengen disekolahin disini hehehehehe...

Semoga dengan adanya Sampoerna Academy Palembang, dapat mencetak siswa yang berguna bagi nusa dan bangsa.. dan tentunya berakhlak mulia serta khususnya kelak dapat membuat bumi sriwijaya bangga.
maaf.. telat banget aku posting tulisan ini..

You Might Also Like

3 komentar

  1. semoga pendidikan di Sumsel bisa menghasilkan generasi masa depan yang tidak cuma pandai tapi juga punya ahlak yang baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget om.. terus selain baik juga mempunyai jiwa pemimpin agar dapat memimpin sumatera selatan kelak.. :D indonesia juga boleh dipimpin wong sumsel :D (Y)

      Hapus
  2. Sayang sekali tidak hadir bp gubernur sumsel, biasanya beliau selalu menyempatkan waktu untuk acara2 seremoni sman sumsel sampoerna academy.Karena beliau sbg pembina dlm pendirian sekolah ini Mungkin karena jadwal / kesibukannya dlm pemilihan gubernur dki...hehehee... Sesi yg tidak kalah menarik yaitu sharing dari bp Dirut Garuda, menjadi masukan dan menjadi inspirasi bagi siswa untuk survive dan mencapai keberhasilan... Pengalaman berharga bwt siswa-siswi yg terpilih dan akan melanjutkan sekolah di luar negeri... Menurut saya acaranya bagus/unik ... tapi lebih mengharukan lagi pada acara inaguration dulu... Beda EO nya mungkin yaaa... yang sekarang lebih melibatkan siswa, suatu pengalaman berharga bwt mereka..... sukses....!

    BalasHapus

Popular Posts

Google+

Twitter

Subscribe